Lemot ! Upgrade oli 0w20 ke 5w30 wagon r

ganti oli 0w20 ke 5w30 karimun wagon r

Akhirnya sempat posting lagi setelah sekian lama nggak ngepost krn kesibukan di dunia online dan lupa punya blog pribadi 🙂 maapken saya

Untuk posting kali ini saya akan membahas lika-liku ketika melakukan pergantian oli mesin untuk Karimun Wagon R GX saya tahun 2014 yang saya ganti oli viskositasnya dari 0w20 ke 5w30 setelah 8 tahun saya gunakan dari baru.

Untuk perihal oli apa yang pernah saya pakai dan reviewnya bisa cek di url ini :

Saya ada facebook group yang membahasa perihal oli yang komunitas gunakan dan pendapat yang berbeda2 tentang oli yang cocok untuk Karimun Wagon R .

Ada yang bilang :

  • Kalo kilometer sudah gondrong 100rb km lebih , mending pake kental
  • Mending 5w30 gan penguapan rendah
  • Jangan pake 0w20 ntar cepat habis
  • jangan pake 0w20 ntar mesin hancur
  • Pake 10w40 saja mesin adem ..

Nah mau nurut yang mana nih ? bingung kan ? sama saya juga begitu dulunya , bingung krn info2 di atas yang ga jelas mana yang benar.

Akhirnya iseng2 ingin membuktikan kalo saya ganti viskositas oli dari 0w20 ke 5w30 apa yang terjadi , bagaimana rasanya , dan apa suka dukanya .

Dari sebelumnya saya pake eneos 0w20 yang tetap jos ini sampai 9 tahun , saya coba pake STP Syntectic Oil 5w30 dan ini yang terjadi :

Suara Mesin

Saya merasakan suara mesin sama saja tetap halus , seperti ga merasakan perbedaan berarti dari keheningan suara mesin ini . RPM juga sama saja dari sebelumnya .

Akselarasi AWAL :

Akselarasai awal ini mulai terasa agak berbeda, saya merasa setelah lepas kopling, terasa tidak responsive sedikit , menurut saya ya , saya merasa seperti ada beban yg menghalangi, terasa lebih berat .

Tanjakan

Di tanjakan inilah saya mulai berpikir bahwa saya salah pilih oli ha ha ha, saya merasa power loss yang tinggi ketika jalan nanjak dan harus injak gas lebih dalam, dan juga mesin bergetar sedikit dari sebelumnya ketika menggunakan 0w20. Nyalip di tanjakan ? lebih gila lagi ga ada tenaga.

Rute keluar kota jarak jauh

Ini juga pembuktian yang merasa saya salah milih oli , saya pake surabaya ke Tuban , dan saya gunakan seperti biasa nyalip truk, kontainer, trailer dan mobil gede maupun kecil , ketika nyalip pake gigi 3 sekalipun , tidak terlalu responsive , jadi ada semacam delay tertahan baru jalan , menurut saya ini bahaya dan tidak enak .

Konsumsi BBM

Ini nih bikin dompet saya teriak2 he he he , ketika saya pake 0w20 bensin dalam kota 1:16 atau 1:15 dan keluar kota 1:19 / :20 , ketika pake oli ini mobil terasa boros banget , akhirnya coba test full to full, ke spbu isi full dan saya jalankan 100 KM an ke Tuban dari Surabaya , kemudian isi full lagi , terdapat perbedaan mencolok konsumsi BBM nya , jadi : dalkot 1:12, dan keluar kota 1:17. Ternyata ini biang keroknya knp saya selalu merasa kok lebih sering ngisi bbm.

Akhirnya gimana ?

Nggak pakai lama , KM berjalan masih 3000 , saya putuskan untuk ganti oli kembali ke viskositas awal 0w20 namun tetap menggunakan merk yg sama dan hasilnya :

Bensin kembali hemat , minim getaran dan halus, tarikan bawah responsive di awal dan di kemacetan ..

Catatan :

Setiap ganti oli saya selalu campurkan lupromax EA ya gan , filter oli selalu di ganti dan di engine flush. jadi kondisi dan perlakuan tetap sama ketika pake 0w20 maupun 5w30. Mobil selalu dirawat berkala 1 tahun sekali ke bengkel resmi dan tuneup di bulan ke6 ke bengkel umum. BBM menggunakan pertamax 92.

Be the first to comment

Leave a Reply