Yang Lucu di PhotonVPS

Ini hanya sekedar cerita “lucu ” di photonvps , meskipun secara basic saya juga jual VPS , namun dalam prinsip kehidupan saya tidak pernah menyimpan telor dalam 1 keranjang. Banyak web dan aplikasi pun saya orderkan di provider lain , dan adakalanya untuk server DNS agar failover , dns pun biasanya kami juga servernya harus di provider lain , dan rata2 provider web hosting juga begitu , sebagai backup / cadangan dalam banyak hal .

Awal mulanya saya coba order ada tawaran promo , yg awalnya blm mau di pake apa , rencana untuk server DNS atau blog pribadi saja di pisah dengan server produksi.

Jadi VPS tersebut akhirnya cuma saya install LEMP Stack , saya install wordpress blog pribadi , dan akhinya berubah pikiran blog saya pindah ke server lain .

Jadi setelah itu VPS itu nganggur 1,5 bulan , web pribadi pun sudah saya hapus dari server tersebut, jadi server itu diam selama 1,5 bulan .

Trus pada saat saya posting artikel ini tgl 21 Juni 2022, ada email uptime monitoring menyatakan bahwa server ini Down .

Saya tanyakan ke supportnya dan di jawab bahwa vps saya melebihi limit quota bandwidth dan akan di reset setiap awal bulan ๐Ÿ™‚

Inilah letak kelucuannya , VPS diam 1,5 bulan katanya melebihi bandwidth bulanan kwkwkwkwk, saya cek ke dashboard nya juga :

Dari screenshot di atas , bandwidth cuma 7% , itu pun krn LEMPSTAck dan update saja dan tidak ada website di dalamnya , krn sudah saya pindahkan, bagaimana bisa di bilang melebihi bandwidth bulanan.

Yg lebih lucu lg saya di disuruh nunggu sampai awal bulan ….. jadi servernya bakal off selama 10 hari …. saya reply ke supportnya sbb :

Setelah omelan simple di atas , akhirnya VPS di buka kembali , ini menunjukkan betapa masalah itu mudah di cari2 dan di sengaja ๐Ÿ™‚

Ga pake lama , 5 menit kemudian saya request cancel VPS nya , toh VPS itu sudah tidak pernah saya gunakan .

Bukan untuk menjelekkan ya , kalo misal server ini di pakai untuk produksi , bisa bayangin nggak akibatnya web customer harus offline selama 10 hari … tentunya ini akan merugikan customer yg menggunakan shared hosting ( bila digunakan produksi )

So berhati2 lah memilih provider hosting di luar negeri sana …. tidak semua jelek , banyak yg bagus juga ..

Comment

Be the first to comment

Leave a Reply